HATI-HATI SAAT BERFOTO SELFI, 5  KEJADIAN TRAGIS INI AKAN MEMBUAT ANDA TERKEJUT

FOTO SELFY

Pose foto selfy yang kini sedang jadi trend. Pose foto selfi beragam dan biasanya menggunakan fitur kamera depan yang dimiliki oleh smartphone ataupun dengan kamera biasa dibantu tongsis (tongkat narsis)

Diposting by Ni Luh Putu Widnyani (Anie’s)

“Belakangan ini, banyak kejadian nyata dan tragis yang terjadi karena ‘selfi’. Kejadian-kejadian tersebut bahkan sampai berujung maut. Bukan hanya di luar negeri, di Indonesia bahkan di Bali pun terdapat peristiwa tragis akibat kelalaian saat berfose ‘selfi’. Apa sebenarnya ‘selfi’ itu? Dan, kejadian tragis apa saja yang terjadi sampai merenggut nyawa? Cekidot . . .”

Selfi sendiri sebenarnya bukan hal yang membahayakan. Menurut Wikipedia, ‘selfi’ adalah bahasa inggris yang dalam bahasa Indonesia berarti foto narsis adan dalam industri hiburan korea sering disebut ‘selca’(singkatan untuk self camera). Selfi sering dikaitkan dengan narsisme, terutama di jejaring sosial. Pose yang sering digunakaan saat selfi pun beragam, dari yang kasual, seksi, ataupun duck face. Umumnya diambil dengan menggunakan kamera digital ataupun kamera handphone yang diarahkan ke diri sendiri atau bisa juga melalui cermin.

Untuk pose foto diri sendiri di depan cermin ini sebenarnya telah ada sejak  munculnya Kamera boks Kodak Brownie pada tahun 1900.  Kata ‘selfi’ secara resmi baru tercantum dalam Oxford English Dictionary versi daring tahun 2013 dan dinobatkan sebagai Word of the Year pada bulan November 2013. Pose yang disebut ‘selfi’  yang dinyatakan berasal dari Australia  pada tahun 2013 ini ternyata pernah digunakan  oleh Putri Anastasia Nikolaevna saat remaja asal Rusia ini mengambil fotonya sendiri melalui cermin menggunakan Kodak Brownie pada tahun 1914. Sumber lainnya mengatakan, kata selfi pertama kali muncul dalam sebuah forum Internet Australia (ABC Online) pada tanggal 13 September 2002.

Namun, siapa yang sangka, trend selfi ini ternyata telah banyak memakan korban jiwa. Admin mencari beberapa refrensi dan memperoleh beberapa kejadian tragis yang terjadi akibat ‘berselfi ria’ :

  1. Spanyol :
  • Gadis Remaja Tewas Jatuh Dari Jembatan

Seorang gadis remaja Sylwia Rajchel (23) asal Polandia tewas saat melakukan selfie dari atas jembatan terkenal Puente de Triana di Kota Seville, Spanyol. Awalnya Sylwia hanya ingin mengabadikan moment liburanya di Kota Seville di atas jembatan tersebut. Namun, keberuntungan tak berpihak padanya. Saat Sylwia berusaha menyeimbangkan dirinya ketika berfose selfi, ia terpleset dan terjatuh dari dengan ketinggian 15 kaki dari jembatan. Akibat peristiwa tersebut, Sylwia mengalami luka parah dan penghentian jantung. Sylwia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

  1. Krasnogvardeysky
  • ABG Cantik Tewas Tersengat Listrik Saat Jatuh Dari Jembatan

Baru saja merayakan ulang tahunnya ke 18, kejadiaan naas menimpa seorang ABG (Anak Baru Gede) cantik Xenia Ignatyeva akibat berfoto selfi. Tepat di atas Jembatan Krasnogvardeysky yang sedang dibangun, Xenia ingin menguji nyalinya sendiri berfoto selfi demi mendapat banyak pujian atas foto selfi yang tak biasa tersebut. Menggunakan kamera yang baru saja ia beli dari uang hasil kerja paruh waktunya, Xenia dengan bangganya mengabadikan setiap moment menantang di atas jembatan itu disaksikan oleh teman-temanya yang telah melihatnya dari bawah jembatan. Saat asik berfose selfi, tiba-tiba ia terpleset dan terjatuh ke samping Jembatan. Awalnya ia hampir selamat karena berhasil meraih sebuah kabel di sisi jembatan, namun ternyata kabel yang Xenia pegang adalah kabel dengan listrik bertegangan tinggi. Sontak saja, hal ini membuat tubuh mungil Xenia terpental dan menghantam benton di bawah jembatan tersebut. Xenia tewas seketika disaksikan teman-temanya yang histeris.

  1. Madiun, JawaTimur :
  • Pelajar Tewas Tertabrak Kereta Api

Tomi Luki Saputra harus meregang nyawa  setelah tubuhnya dihantam kereta api di Kelurahan Winongo, Mangunharjo, Madiun, Jawa Timur, Jumat 20 Februari 2015 . Sebelumnya, pemuda sekolah menengah kejuruan ini sedang asik berfoto selfi bersama lima orang remaja lainya di pinggir rel kereta api. Posisi Tomi berada paling belakang dekat dengan rel tersebut. Saat berfose selfi  kawan-kawan Tomi yang menyadari adanya kereta mendekat segera menyelematkan diri. Namun tragis, Tomi yang terlambat menghindar akhirnya tewas tersambar kereta api.

  1. Jawa Tengah :
  • Pendaki Tewas Terjatuh ke Kawah Merapi

Kini kejadian tragis terjadi pada seorang pendaki Eri Yunanto (21) yang tewas akibat terjatuh ke dalam kawah Gunung Merapi usai ber’selfi ria’ bersama rekannya, Dicky pada Sabtu 16 Mei 2015. Sebelumnya, Eri dan Dicky menghabiskan waktu dengan foto selfi bersama. Setelah berfoto di puncak Garuda dekat dengan kawah Gunung Merapi, keduanya kemudian turun. Saat hendak turun dari puncak Garuda itulah Eri tak menyadari posisinya terlalu dekat pinggir. Dalam hitungan detik, Eri jatuh ke dalam kawah Merapi sementara Dicky yang selamat langsung turun ke pos dan melaporkan jatuhnya Eri ke dalam kawah.

  1. Semarapura, Bali :
  • Pelajar Singapura Tewas Jatuh Ke Laut

Mohamad Aslam bin Shahlul Hameed (21) pelajar asal Singapura harus mengalami nasib naas. Mohamad Aslam terpeleset dan jatuh ke laut saat sedang asik foto selfi bersama teman-temannya di atas tebing Pantai Sandy Bay, Desa Lembongan, Nusa Penida, Klungkung, Kamis 21 Mei 2015. Teman-teman Mohamad Aslam yang beniat berlibur ini kaget dan tak dapat berbuat banyak saat menyaksikan tubuh kawannya tersebut disapu ombak dan tenggelam. Walapun sempat dibantu oleh warga sekitar dengan menyelam, tubuh Mohamad Aslam yang sudah tak bernyawa baru bisa ditemukan didasar laut sejam kemudian.

Kejadian-kejadian di atas harus mejadi pembelajaran untuk kita semua. Jangan sampai niat mengambil foto keren malah mengantar seseorang pada kematian. Bernarsis ria dengan foto selfi sih, sah-sah aja. Tapi, ingat! Jangan lalai, pilih lokasi yang aman, hindari sebisa mungkin area berbahaya seperti diatas tebing, pinggir kereta api, bangunan yang masih direkrontruksi dan sejenisnya. Pastikan, nyawa anda lebih berharga dari selfi.

Advertisements
This entry was posted in TIPS KAMU and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to HATI-HATI SAAT BERFOTO SELFI, 5  KEJADIAN TRAGIS INI AKAN MEMBUAT ANDA TERKEJUT

  1. wijaya says:

    Singapura apa semarapura buk minori jegeg

    • Anie Minori says:

      Wijaya@semaapura-ibu kotanya nusa penida,itu warga singapur yang plesiran ke nusa dua,info by denpost

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s