Pasca Bentrok, 14 Napi Lapas Kerobokan Dipindahkan ke Karangasem

Lapas Karangasem dengan napi yang ada sudah overload. Kapasitasnya hanya 149 tahanan. Tapi jumlah napi yang ditahan  disana sebanyak 181 orang. Sekarang malah ditambah lagi 14 napi pindahan dari Lapas Kerobokan.

Lapas Karangasem.jpg

PETUGAS-Seorang petugas Lapas Karangasem saat berjaga-jaga di depan pintu masuk di dalam Lapas. 

Perang saudara dua kelompok ormas paling disegani di Bali, yang terjadi di dalam Lapas Kerobokan dan Jalan Teuku Umar Denpasar, Kamis (17/12) sore, membuat pihak Lapas setempat waswas. Puluhan napi dipindahkan ke kabupaten lainnya di Bali. Seperti ke Karangasem, ada 14 napi dipindahkan ke Lapas Karangasem. Tujuannya, untuk menjaga keselamatan mereka dari situasi mencekam di dalam Lapas Kerobokan.

Guna mengantisipasi keamanan di lingkungan Lapas Karangasem, beberapa petugas kepolisian juga siaga di luar Lapas. Wakapolres Karangasem Kompol Tonny Sugadri, Jumat (18/12), menyatakan langkah pengamanan itu juga sebagai atensi Polres Karangasem, pascabentrok berdarah Kamis sore. Polisi harus memastikan lingkungan Lapas Karangasem tetap aman. Setidaknya, ada lima personil polisi yang siaga bergantian di luar Lapas, ditambah sejumlah personil kepolisian berpakaian preman. Proses pengamanan ini akan terus dilakukan, sepanjang masih diperlukan untuk mengamankan para napi pindahan di dalam Lapas Karangasem.

Sementara, Kepala Pengamanan Lapas Karangasem Wayan Arya Budiartawan, saat ditemui di ruangannya, Jumat (18/12), mengatakan 14 napi ini tiba di Lapas Karangasem sekitar pukul 01.00 wita dini hari. Mereka diangkut dengan kendaraan minibus. Seluruhnya adalah napi kasus narkoba. “Setelah tiba di Lapas Karangasem, seluruh napi pindahan Lapas Kerobokan ini dikurung dijadikan satu di ruang Mapenaling (Masa Pengenalan Lingkungan) Lapas Karangasem,” katanya.

Ruangan mapenaling kapasitasnya lima orang. Tapi, untuk keamanan pihak Lapas Karangasem terpaksa menahan mereka jadi satu di ruangan itu, agar tidak menganggu napi lain.

Disinggung apakah 14 napi ini tergabung dalam salah satu kelompok ormas, Arya Budiartawan mengaku tidak tahu. Kepala Keamanan Lapas asal Petandakan, Buleleng ini, juga mengaku tidak tahu sampai kapan mereka akan menghuni Lapas Karangasem. Pasalnya, kondisi Lapas Karangasem dengan napi yang ada sudah overload. Untuk diketahui, Lapas Karangasem berkapasitas 149 tahanan. Sebelum kepindahan 14 napi itu, jumlah tahanan sudah mencapai 181 tahanan. Dengan penambahan 14 napi Lapas Kerobokan, kini Lapas Karangasem semakin padat menjadi 195 napi.

Meski demikian, hingga Jumat (18/12), seluruh napi pindahan itu masih dalam keadaan tenang dan aman dengan napi yang lain. BP-SWiB

Advertisements
This entry was posted in FOKUS KARANGASEM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s