Hujan Disertai Angin Kencang, Waspadai Ancaman Pohon Tumbang

 

“Kami tetap ingatkan agar warga selalu waspada di tengah situasi cuaca seperti ini,” terang Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Pohon tumbang.jpg

HANCUR – Dapur Wayan Bagia, warga Liligundi Desa Bebandem yang nampak hancur setelah tertimba pohon kelapa yang tumbang, tadi siang. 

Hujan yang ditunggu-tunggu, kini malah berbalik menjadi ancaman. Pasalnya, hujan lebat sejak Jumat sore, hingga Sabtu (19/12) juga disertai angin kencang. Pohon-pohon mulai bertumbangan. Bahkan, sudah ada yang menimpa dapur dan kamar mandi warga di Banjar Dinas Liligundi, Desa Bebandem, hingga hancur.

Bagian rumah yang hancur tertimpa pohon tumbang, diketahui milik I Wayan Bagia (62). Kekhawatirannya ternyata menjadi kenyataan, setelah pohon kelapa yang menjulang tinggi di dekat rumahnya, tiba-tiba roboh di tengah hujan lebat dan angin kencang sekitar pukul 12.30 wita. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, hujan lebat disertai angin kencang yang terus terjadi hingga sore kemarin, masih membuatnya dan warga sekitarnya waswas.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa, Sabtu (19/12) mengatakan pihaknya langsung mengerahkan satu unit mobil dobel cabin dan personil BPBD ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. Setelah melakukan penanganan, situasi kembali normal, dimana akses jalan juga bisa kembali dilalui. Namun, Bagia mengaku masih waswas dengan cuaca buruk yang terjadi sepanjang hari kemarin.

Sebelumnya, sekitar pukul 08.30 wita, hujan lebat dan angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Raya Samuh menuju Candidasa. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, pohon perindang tumbang melintang ke tengah jalan sempat mengganggu lalu lintas dari dua arah.

Selain itu, Arimbawa menambahkan, peristiwa pohon tumbang juga terjadi di Banjar Dinas Delod Wates Desa Sibetan, sekitar pukul 04.30 wita. Saat itu juga petugas langsung terjun ke lokasi untuk melakukan penanganan. Sebab, pohon tumbang sempat menutup akses jalan. Petugas memotong-motong pohon tumbang, dan membawanya ke tempat yang aman agar tidak menganggu lalu lintas.

Terakhir, laporan dari Polsek Manggis kepada BPBD Karangasem, juga terjadi pohon tumbang di depan Lapangan Umum Ulakan, Kecamatan Manggis, sekitar pukul 17.00 wita. Saat ini, petugas BPBD Karangasem sudah menuju TKP untuk melakukan penanganan. “Kami tetap ingatkan agar warga selalu waspada di tengah situasi cuaca seperti ini,” terang Arimbawa. BP-SWiB

Advertisements
This entry was posted in SEKITAR KITA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s